Jumat, 22 Juli 2011

SUNNAH-SUNNAH PUASA

Diantara Sunnah-sunnah puasa adalah;

1. Sahur
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Bersahurlah kalian, karena dalam makan sahur itu ada keberkahan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)


2. Banyak berzikir dan berdoa.
Allah berfirman (yang artinya), “Wahai orang-orang yang beriman, berzikirlah kepada Allah dengan zikir yang banyak.” (QS. Al-Ahzab: 41)
Banyak berzikir merupakan cara paling tepat agar terhindar dari perkataan-perkataan yang jelek dan tidak bermanfaat.

3. Menggosok gigi.
Menggosok gigi dianjurkan dalam setiap keadaan. Terutama ketika hendak berwudhu dan shalat. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk menggosok gigi setiap berwudhu.” (HR. Al-Bukhari).
 Dalam riwayat yang lain: “...Aku perintahkan mereka untuk menggosok gigi setiap hendak shalat.”

4. Jika ada orang mencela maka dianjurkan mengucapkan, “Saya sedang puasa.”

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian berpuasa maka janganlah berbicara jorok, bertindak bodoh, dan jika ada orang yang mencelanya maka hendaknya mengucapkan, “Saya sedang puasa.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

5. Memperbanyak amal shalih, seperti berzikir, membaca al-Quran, bersikap dermawan, bersedekah, beristigfar, dan sebagainya.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia paling dermawan, beliau lebih dermawan lagi jika di bulan Ramadan, ketika Jibril datang kepadanya. Jibril mendatanginya setiap malam di bulan Ramadan kemudian mengajari beliau al-Quran. (HR. Al-Bukhari)

6. Bersegera dalam berbuka
Dari Sahl bin Sa'd radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Manusia akan senantiasa dalam kondisi baik selama mereka bersegera dalam berbuka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

7. Shalat tarawih berjamaah di masjid.
Dari Abu Dzar radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah sampai selesai, Allah mencatatnya seperti orang yang shalat semalam suntuk.” (HR. Ahmad, at-Turmudzi; dishahihkan oleh al-Albani)

8. Umrah Ramadan
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Umrah di bulan Ramadan nilainya seperti haji.” (HR. Al-Bukhari)

9. Menghidupkan malam-malam terakhir bulan Ramadan.
Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, beliau mengatakan, “Apabila masuk sepuluh terakhir bulan Ramadan, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengencangkan sarungnya, menghidupkan malam itu (dengan ibadah), dan membangunkan keluarganya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Maksud “mengencangkan sarungnya” adalah menjauhi istrinya dan menghabiskan waktunya untuk beribadah.
10. Memberi sajian berbuka bagi orang lain.
Dari Zaid bin Khalid al-Juhani radhiyallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang memberi sajian berbuka bagi orang yang puasa maka dia mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahalanya sedikit pun.” (HR. At-Turmudzi; dishahihkan oleh al-Albani)

Referensi : Sifat Puasa Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam, syeikh Salim bin Id al Hilali dan Syeikh Ali bin hasan Al Halabi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menu Hari Ini Slideshow: Ummu’s trip from Jakarta, Jawa, Indonesia to Doha, Qatar was created by TripAdvisor. See another Doha slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.