Senin, 01 Agustus 2011

PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (HOME SCHOOLING)

pembelajaran anak usia dini untuk homeschooling

Bagi para orang tua yang sulit menyekolahkan anaknya karena alasan syar'i InsyaAllah ini bisa menjadikan rujukan atau motifasi, ini ana memaparkan sedikit pengalaman dari teman yang alhamdulillah ke 7 anak2nya diajarkan dari metode itu dan gk usah bingung mau sklh dmana ktika mrka balita.
penulis sekaligus pengalaman dari Farida Ilmiasari

Ummahat  disini akan ana sampaikan panduan pembelajaran  Anak Usia Dini mulai usia 3-5 th .
Sebelumnya agar efektif buatlah jadwal nya, usahakan anak disiplin dengan waktu belajar walaupun kita sendiri  yang buat  jadwal, contoh t4 ana seperti ini:
Waktu    senin             selasa              Rabu                   kamis                  sabtu      Keterangan
08-09        H                     H                     H                           H                         H
09-9.30      I                       I                       I                            I                           i
9.30-10.     aq                    si                     fq                          aq                       si
10-10.30      K                     B                     Se                          K                          B
1030-11        E                    E                      E                            E                   E
Keterangan:
H        : Meliputi hafalan juz Amma, hafalan hadits arba’in, hafalan doa
I          : istirahat, bisa diisi dengan latihan membaca iqra/tamhid dan latin, pake buku anak islam suka membaca jilid 1-5 untuk latihan baca latin, iqra/ tamhid jilid 1-5 untuk latihan baca alqur’an.
Aq       : pelajaran aqidah
Si         : pelajaran siroh n tarikh
Fq        : pelajaran fiqh
K          : Kognitif meliputi ; mengenali benda sekitar menurut jenis ukuran,bentuk, konsep sains sederhana, bilangan, bentuk geometri, memecahkan masalah sederhana, konsep waktu, dan berhitung sederhana,.
B          : Berbahasa, bisa kosa kata arab n inggris, n kemampuan berbahasa mengenal bunyi suara, memahami kata n kalimat sederhana, keaksaraan
Se        : Seni  dan kreativitas
E          : evaluasi/ penutup bisa ditambah latihan gerakan dan bacaan shalat
 Untuk kolom keterangan diisi apabila ada pembelajaran yg tidak/belum terlaksana bisa dilakukan di waktu berikutnya. Buat jg laporan perkembangan anak tiap ahir pekan pembelajaran, untuk latihan iqra dan baca latin buat kartu prestasi, ada keterangan lancar (L) dan ulang (U) ini tiap hari dicatat. Memang ini seperti  sekolah Cuma tempatnya dirumah sendiri, semuanya agar tersistem n bisa berjalan dengan baik insyaAllah    
Ummahat  pembelajaran anak usia dini  terdiri dari  2 aspek pengembangan ( bahasa sederhananya hal-hal yang diajarkan ke anak balita, kalo waktu kita SD dulu semacam mata pelajaran) yaitu:
Aspek Pengembangan Pembiasaan Pembentukan Perilaku.
  1. Pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan sehari hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik, merupakan pengembangan moral dan nilainilai agama islam.
  2. Disini ditanamkan pula pendidikan karakter yang tentunya kita merujuk pada karakter2 pribadi muslim yang kuat  dengan meniru dan mencontoh karakter Rasulullah shalallahu alaihiwassalam.
  3. Pengembangan sosial emosional dan kemandirian  juga dikembangkan dan diajarkan agar anak dapat mengendalikan emosi secara wajar , dpt berinteraksi dgan sesama dan orang dewasa dengan baik dan dapat menolong diri sendiri dalam rangka kecakapan hidup.
Materi  yang diajarkan yaitu:
  1. Aqidah, 
  2. Akhlak, disini pengajarannya ketika hafalan doa, karena  terdapat pembelajaran adab atau tata cara jadi akhlak diajarkan disini.
  3. Fiqh ibadah
  4. Sosial, emosional dan kemandirian
Aspek Pengembangan Kemampuan Dasar.
Materi  yang dikembangkan dan dikerjakan yaitu:
  1. Kognitif
  2. Berbahasa
  3. Fisik dan motorik
  4.  Seni
Setelah memahami  tentang materi –materi apa yg hrs  dikembangkan  dan diajarkan dalam pembelajaran anak usia dini, sekarang kita menerapkan  sesuai dengan waktu dan tema, disini kita harus tahu tentang waktu dan tema agar yang diajarkan terarah dan tersistem. Tema –Tema yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini (AUD) , dan alokasi waktu terdiri dari:
Semester            Tema                                                                    Alokasi/perkiraan waktu
       I              1. Tema Diri Sendiri                                                   3 minggu
                       2. Tema Lingkunganku                                             4 minggu
                       3. Tema Kebutuhanku                                              4 minggu
                       4. Tema Binatang                                                       3 minggu
                         5. Tema  Tanaman                                                      3 minggu
       II                6. Tema Rekreasi                                                         4 minggu
                          7. Tema Pekerjaan                                                      3 minggu
                          8. Tema Air, Udara, Api                                              2 minggu
                          9. Tema Alat Komunikasi                                           2 minggu
                        10. Tema Tanah Airku                                                   3 minggu
                         11. Tema  Alam Semesta                                             3 minggu
Setelah kita tahu tema-tema tadi, marilah kita mulai pembelajaran AUD ini mulai dengan tema awal Diri Sendiri dengan Alokasi Waktu 3 minggu , mulai hari ini misalnya  senin 1 Agustus 2011, dengan jadwal harian yang ana contohkan diatas,  bagi yg mau ikutan kalo terlambat alokasi waktu bisa disesuaikan ya,
Untuk mulai pembelajaran  diawali dengan  salam doa buka majlis, doa sebelum belajar, doa/dzikir pagi hari, anak2 diberitahu adab menuntut ilmu, ketika ummu atw guru berbicara anak dibiasakan untuk harus diam n mendengarkan , jangan mulai ketika masih ada anak yg bicara n senda gurau, tanamkan agar anak menghormati ummu/ guru yg sedang menyampaikan dan berbicara, ummahat kan sering dengan pembiasaan insyaAllah anak bisa, ini dah termasuk ke pembelajaran akhlak lo, jangan terpukau dengan metode AUD barat yang mengajarkan anak itu belajar sambil bermain, jd ketika  ummu menya mpaikan ilmu anak gojek , lari ssana sini, atau senda gurau,  gak bisa itu, ajarkan ketika ilmu disampaikan anak  mnyimak mendengarkan, tidak berisik, walau hanya sebentar, ana dah praktek ke anak2 ana, masalah pembiasaan butuh waktu lama, jgan keburu wah gak bisa, mengajar anak harus sabar n melatih kesabaran kita.  Jangan pernah menganggap kalo anak gak mau kalo ummi yg ngajari, pasti mau karena sesungguhnya balita gak bisa lepas dr ummu, tinggal cara penyampaian kita ke anak,  ketika melihat anak mulai jenuh n gak kkonsentrasi( setiap 3 menit kurang lebihnya) ya break dulu  isi dengan cerita n main sebentar ( ini baru masuk ke main sambil belajar, jangan campur aduk), batasi sebentar jgn meluas
UNtuk  Hafalan juz amma dimulai dr surat2 pendek dulu, setelah  dia terbiasa menghafal, bisa ditambah dengan  surat yang panjang  dr arah belakang juz amma, untuk hafalan hadits arbain dimulai hadits tentang  niat, matannya belum dulu, nanti lo usia 6 th, tp lo anak mampu diajarkan sekalian jg bisa, hafalan doa pake hishnul muslim , untuk tema Diri Sendiri  Hafalan doanya yg diajarkan pertama yaitu
  1. Adab mengucap salam, menjawab salam,  doa /dzikir pg/petang hari, doa mau belajar, doa penutup majlis, adab n doa sebelum dan sesudah tidur, adab n doa bersin. Semua ini biasanya langsung dipraktekkan  dalam kehidupan sehari2.
Untuk adab n doa sebelum sesudah makan, masuk wc, nanti pembelajarannya difokuskan pada tema kebutuhanku 2 bulan lagi ini secara ketemaan, tp diajarkan  ketika anak melakukan kegiatan tersebut secara langsung lebih bagus gak harus nunggu waktu ketemaan ya ummahat.

Untuk materi Aqidah, bisa dimulai dengan  membiasakan mengucapkan kalimat thoyyibah, yaitu  kalimat syahadah, basmalah, Ta’awudz, Tasbih,Tahmid, takbir, hamdalah, istighfar, InsyaAllah, Masya Allah, Istirja’, Tahlil secara bertahap ,  materi rukun iman, dan tentang islam adalah Agama yang benar dan diakui diterima disisi Allah Ta’ala.

TEma Diri Sendiri yang dialokasikan 3 minggu acuannya meliputi
Identitas diri ; misalnya nama, usia, jenis kelamin, nama ortu, almat rumah
  1. Anggota tubuh misalnya kepala , kaki, tangan dsb
  2. Ciriciri tubuh: warna kulit, bentuk badan, warna rambut
  3.  Kesukaan / hoby misalnya dalam makanan, warna, permainan, kegiatan
  4. Alat/macam indra missal mata , telinga,dsb
  5. Fungsi alat indra , missal mata untuk melihat dst
  6. Macam-macam rasa; pahit, manis, asam, asin,sepet
  7. Macam-macam perabaan; kasar, halus , tajam, dingin, panas,
  8. Macam-macam pembauan; wangi, amis , anyir, busuk, harum
  9. Macam-macam suara; keras , lembut,  nyaring, melengking
  10. Macam-macam penglihatan; jelas, buram, jauh, dekat,silau gelap, terang, samar

Mengacu dari tema Diri Sendiri , materi Berbahasa bisa ditambahkan hafalan kosa kata bahasa arab dan inggris, misalnya;
  1. Saya= ana= I (baca ai)……. Bahasa arab nanti ditulis pke hijaiyah
  2. Hidung= anfun=nose ………………….dilanjutkan dengan  anggota tubuh lainnya  minimal dalam 3 minggu ada 15  kata.

Materi Kognitif bisa di mulai dengan mengenali benda disekitarnya  menurut bentuk, jenis dan ukuran, pengenalan angka  1-5 dulu dengan  mngenalkan konsep bilangan tersebut  dengan benda.  Ada lembar kerjanya, ana jg menyediakan dan bisa pesan  sekaligus untuk 1 semester , terdiri dari :
1.Anak sholih  Pintar Membaca
2. Anak sholih Pintar Berhitung
3. Anak sholih Berakhlak  Baik
4. Anak sholih Trampil berkarya
5.Anak sholih  mengenal bahasa arab
Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menu Hari Ini Slideshow: Ummu’s trip from Jakarta, Jawa, Indonesia to Doha, Qatar was created by TripAdvisor. See another Doha slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.